Universitas Muhamadiyah Makassar

Tugas Akhir dan UJian Akhir

Tugas Akhir dan Ujian Akhir
Pelaksanaan Tugas Akhir dan Ujian Akhir dengan Ketentuan :

  1. Mahasiswa yang akan menyelesaikan program studinya wajib menyusun tugas akhir.
  2. Tugas akhir sebagaimana dimaksud pada poin (1) dapat berupa: skripsi, tesis, laporan praktek akhir, makalah analitik, dan bentuk tugas lainnya yang diatur tersendiri oleh program studi atas persetujuan dekan.
  3. Mahasiswa diperkenankan untuk menyusun tugas akhir apabila telah menempuh mata kuliah minimal 130 sks dan persyaratan yang telah diatur tersendiri oleh program studi.
  4. Pemeriksaan draft proposal atau sejenisnya oleh dosen pembimbing dan direvisi oleh mahasiswa yang bersangkutan tidak lebih dari 1(satu) bulan.
  5. Hasil pembimbingan dibuktikan dalam bentuk kartu kontrol pembimbingan dari pembimbing I dan pembimbing 2 masing-masing minimal 3 (tiga) kali pembimbingan.
  6. Lama penelitian atau sejenisnya maksimal 6 (enam) bulan.
  7. Pemeriksaan skripsi dan hasil penelitian atau sejenisnya oleh dosen pembimbing dan direvisi oleh mahasiswa yang bersangkutan tidak lebih dari 2 (dua) bulan.
  8. Skripsi, dan tesis sebagai tugas akhir diujikan sesuai jadwal yang diatur oleh fakultas/prodi.
  9. Setiap mahasiswa sudah dapat mengikuti ujian akhir, apabila telah memenuhi syarat: a) Mahasiswa terdaftar aktif pada semester berjalan dan keaktifannya terekam dalam SIMAK, b) Skripsi/Tesis telah diprogramkan dalam KRS dan terekam pada SIMAK, c) Mahasiswa telah lulus semua mata kuliah dan terekan secara sistematis pada SIMAK kecuali skripsi, d) Mencapai IPK ≥ 3,00, dan e) Telah lulus ujian komprehensif dan mendapat persetujuan dari kedua pembimbing dan atau lulus tes TOEFL/TOAFL untuk prodi yang menerapkan.
  10. Pelaksanaan Ujian akhir: (a) mahasiswa memakai kemeja, jas, dan berdasi (bagi laki-laki) dan berbusana muslimah, jas, rok hitam, dan baju putih (bagi perempuan); (b) anggota majelis tim penguji laki-laki memakai dasi dan anggota majelis tim penguji perempuan tidak memakai celana panjang (memakai rok); (c) ujian akhir dimulai/dilaksanakan bila minimal 3 (tiga) tim penguji hadir; (d) penilaian ujian akhir mengacu pada rubrik penilaian yang telah ditetapkan oleh fakultas/prodi.
  11. Mekanisme Pelaksanaan Ujian Akhir: (a) alokasi waktu setiap peserta ujian akhir maksimal 60 menit; (b) pimpinan majelis membuka ujian akhir; (c) peserta ujian akhir yang Muslim membaca Al Quran; (d) peserta ujian akhir mempresentasikan isi tugas akhir.
  12. Penetapan Keputusan Ujian: (a) Peserta dinyatakan tidak lulus jika : rerata hasil ujian akhir tidak mencapai minimal nilai 2,50, atau plagiat dan atau dibuatkan; (b) batas waktu bagi peserta ujian akhir yang dinyatakan lulus diberikan batas waktu perbaikan tugas akhir maksimal 1 (satu) bulan; (c) peserta ujian akhir yang dinyatakan tidak lulus diberi kesempatan maksimal 2 (dua) kali ujian pada ujian akhir periode berikutnya; (d) bagi peserta ujian akhir yang dinyatakan tidak lulus karena plagiat dan atau dibuatkan, maka peserta tersebut harus mengajukan judul baru ke program studi; (e) bagi peserta ujian akhir yang muslim, yang tidak dapat membaca Al Quran maka yudisium ditunda dan dilakukan pembinaan oleh Wakil Dekan IV.
  13. Mahasiswa yang telah lulus sebagaimana yang dimaksud pada poin (1) diwisuda setelah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di universitas.
  14. Mahasiswa yang telah diwisuda berhak memakai gelar akademik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  15. Mahasiswa yang telah lulus dalam menempuh ujian akhir diberikan predikat lulus.
  16. Predikat kelulusan diberikan berdasarkan IPK bagi S1 dengan predikat:

                IPK 2,75 – 3,00 : Memuaskan
                IPK 3,01 – 3,50 : Sangat Memuaskan
                IPK 3,51 – 4,00 : Pujian (Cumlaude) dengan ketentuan waktu studi maksimal 4 (empat) tahun

                Predikat kelulusan diberikan berdasarkan IPK bagi S2 dengan predikat:

                IPK 2,75 – 3,49 : Memuaskan
                IPK 3,50 – 3,70 : Sangat Memuaskan
                IPK 3,71 – 4,00 : Pujian (Cumlaude) dengan ketentuan waktu studi maksimal 3 (Tiga) tahun.