Universitas Muhamadiyah Makassar

Ketentuan Perkuliahan

Ketentuan Perkuliahan
Mahasiswa diwajibkan mengikuti perkuliahan, seminar, workshop, praktikum, Kerja Lapangan, Kuliah tamu/pakar dan kegiatan akademik sejenisnya sesuai dengan rencana studi secara tertib dan teratur menurut ketentuan yang berlaku:

Perkuliahan:

  1. Kegiatan perkuliahan dapat dibedakan menjadi perkuliahan teori, pratikum dan kerja lapangan.
  2. Perkuliahan teori adalah perkuliahan yang sifatnya mengkaji dan menguasai teori, konsep, dan prinsip suatu bidang studi.
  3. Perkuliahan pratikum adalah perkuliahan yang sifatnya aplikasi dan penguatan teori, misalnya di laboratorium, kelas model, workshop, dan lesson study.
  4. Kuliah kerja lapangan adalah perkuliahan yang sifatnya mengaplikasikan teori dalam bentuk kerja nyata dilapangan.
  5. Perkuliahan terdiri dari kegiatan tatap muka, terstruktur, kegiatan mandiri.
  6. Kegiatan tatap muka adalah kegiatan perkuliahan terjadwal, dosen dan mahasiswa saling berkomunikasi secara langsung berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, case study, seminar atau kegiatan akademik lainnya.
  7. Kegiatan terstruktur adalah kegiatan belajar diluar jam terjadwal, mahasiswa melaksanakan tugas dari dan dalam pengawasan dosen yang berupa tugas-tugas pekerjaan rumah, penulisan laporan, penulisan makalah, penelitian atau kegiatan lain yang sejenis.
  8. Kegiatan mandiri adalah kegiatan belajar yang diatur oleh mahasiswa sendiri untuk memperkaya pengetahuannya dalam rangka menunjang kegiatan terstruktur/terbimbing yang berupa belajar diperpustakaan, wawancara dengan nara sumber, atau kegiatan lainnya yang sejenis.
  9. Kegiatan online adalah kegiatan belajar yang dilakukan secara online melalui internet dengan menggunakan sistem e-learning untuk mata kuliah tertentu.
  10. Perkuliahan dilakukan secara teratur dalam satu semester 16 kali pertemuan yang dibuktikan dengan perangkat kontrol perkuliahan (daftar hadir dan pokok bahasan materi kuliah) yang ditanda tangani oleh mahasiswa dan dosen pengampu.
  11. Pokok materi setiap mata kuliah diuraikan dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang disusun oleh dosen/kelompok dosen pada program studi jurusan bagian yang bersangkutan.

 

Tata Tertib :

  1. Mahasiswa wajib mengikuti kuliah, praktik, kerja lapangan dan kegiatan akademik lain yang diselenggarakan fakultas sesuai dengan kalender akademik.
  2. Mahasiswa yang tidak hadir pada suatu kegiatan akademik atau perkuliahan wajib menyampaikan surat pemberitahuan tentang alasan ketidakhadirannya.
  3. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan tatap muka sedikitnya 80%(delapan puluh persen) kecuali karena ada hal lain yang berada di luar kemampuannya.
  4. Jika kegiatan perkuliahan tidak dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dosen wajib memberitahu mahasiswa dan mengusahakan waktu lain sebagai pengganti.
  5. Setiap mengikuti kegiatan akademik mahasiswa diwajibkan memiliki/ membawa Kartu Mahasiswa Aktif.
  6. Setiap Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan wajib berpakaian rapi, sopan dan Islami.