Universitas Muhamadiyah Makassar

Hak dan Kewajiban Mahasiswa

Hak dan Kewajiban Mahasiswa terhadap Penasehat Akademik dan Dosen Pembimbing

Dalam menyelenggarakan kegiatan akademik, setiap mahasiswa berhak:

  1. Memperoleh penjelasan dan nasehat dari penasehat akademik.
  2. Memperoleh bimbingan akademik dan penyusunan rencana penelitian, pelaksanaan penelitian, dan tugas akhir lainnya dari pembimbing.
  3. Menanyakan dan memperoleh hasil koreksi konsep rencana penelitian dan tugas akhir lainnya, paling lama 20 (Dua puluh hari) setelah penyerahan konsep kepada pembimbingnya.
  4. Menyelesaikan studi lebih cepat dari waktu yang telah ditetapkan setelah memenuhi kewajiban akademik.

Dalam menyelenggarakan kegiatan akademik, setiap mahasiswa berkewajiban untuk:

  1. Berkonsultasi dan melaporkan kemajuan belajar secara teratur kepada penasehat akademik paling kurang 3 kali setiap semester, dan wajib meminta pengesahan KRS-nya.
  2. Menyelesaikan penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir paling lama 6 (enam) bulan sejak rencana penelitian/tugas akhir disetujui pembimbing, dan dapat diperpanjang selama 6 (enam) bulan dengan persetujuan Kaprodi.
  3. Bila mahasiswa tidak mampu menyelesaikan penulisan tugas akhir dalam jangka waktu 1(satu) tahun, sejak yang bersangkutan selesai melaksanakan penelitian, maka tugas akhir tersebut dapat dipertimbangkan kembali dan bila memungkinkan dapat diganti dengan judul yang lain sesuai rekomendasi pembimbing dengan persetujuan Kaprodi.