Universitas Muhamadiyah Makassar

Ekstrakurikuler

  • Universitas Muhammadiyah Makassar dalam setiap komitmennya, selain berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan reputasi dan sarana-prasarana proses penunjang keberhasilan akademik, juga sangat diupayakan untuk menghasilkan alumni-alumni yang berbobot dan siap terjun ke dunia kerja. Oleh karena itu, selain menyediakan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan tebaru di dunia kerja, juga disediakan berbagai kesempatan bagi para mahasiswa untuk membina keahlian-keahlian yang nantinya diperlukan di dunia kerja.

    Mempersiapkan mahasiswa menuju ke gerbang kehidupan yang “sebenarnya” setelah mereka lulus adalah hal yang utama dan pertama. Universitas Muhammadiyah Makassar memerhatikan bahwa zaman sekarang: “hard skill is necessary but is not sufficient”, kita butuh pelengkap yang namanya “soft skill”.

    Melengkapi kebutuhan “soft skill” mahasiswa tersebut, Universitas Muhammadiyah Makassar menghadirkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dijadikan pilihan aktivitas pelengkap yang sesuai kebutuhan dan kegemaran dari mahasiswa. Dengan demikian, kehadiran mahasiswa di kampus tidak hanya menghabiskan waktu untuk mengikuti perkuliahan, praktikum, pengerjaan tugas dan ujian, penelitian serta aktivitas akademik lainnya, namun juga diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menjalani kehidupan kampus secara alami melalui kegiatan ekstrakurikuler yang ada.

    Keaktifan mahasiswa di dalam kegiatan ekstrakurikuler adalah harapan dan upaya pembelajaran non akademik yang dapat memberikan efek pembiasaan cepat beradaptasi, terbiasa bersosialisasi, terbiasa berkompetisi, dan memperluas relasi dan jaringan komunikasi.

    Keberadaan kegiatan ekstrakurikuler di Universitas Muhammadiyah Makassar adalah upaya memenuhi kebutuhan, kegemaran, dan juga sebagai pembinaan mental untuk menjadikan mahasiswa memiliki berbagai keahlian, punya inisiatif, dan mandiri.

    Adapun organisasi kemahasiswaan dan kegiatan ekstrakurikuler atau yang lebih dikenal dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sudah ada adalah sebagai berikut :

     

    Organisasi Kemahasiswaan

    1. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)
    2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

     

    Unit Kegiatan Mahasiswa

    1. UKM Kepanduan Hizbul Wathan
    2. UKM Seni Bela Diri Tapak Suci Putera Muhammadiyah
    3. UKM Pemerhati Alam dan Lingkungan (PAHALA)
    4. UKM Olahraga: Futsal, Volly Ball, Basket, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Takrow, Catur
    5. UKM Seni dan Budaya Talas: Teater, Tari, Sastra, Musik, Rupa dan Desain, Photografy, Film (Cinema Talas 9)
    6. UKM Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit 114
    7. UKM Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA)
    8. UKM Lembaga Pers Mahasiswa Corong
    9. UKM Bahasa
    10. UKM Bola