Universitas Muhamadiyah Makassar

Aturan Akademik

Di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, layanan akademik mempermudah kesuksesan belajar mahasiswa adalah usaha yang diprioritaskan. Mahasiswa yang baru masuk hingga pada mahasiswa lulus, mereka senantiasa dibimbing, diberi penjelasan secara intensif tentang prosedur-prosedur layanan yang dapat diperoleh, baik sebagai hak maupun sebagai kewajiban seorang mahasiswa.

Proses studi diawali dengan pendaftaran mahasiswa baru melalui sistem One Day Service (ODS) atau Pelayanan Sehari (Pendaftaran-Seleksi-Registrasi). Selanjutnya adalah mengikuti kegiatan Pesantren Mahasiswa Baru dan kegiatan Orientasi Pengenalan Jurusan, dan diakhiri dengan Pengukuhan Mahasiswa Baru yang ditandai dengan Pemasangan Jas Almamater dan Kuliah Perdana.

Selanjutnya, Pemrograman MataKuliah atau sering dikenal dengan istilah pengisian “Kartu Rencana Studi(KRS)”. Pemrograman Matakuliah atau pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) ini telah diterapkan melalui Sistem Pemrograman Matakuliah Berbasis IT Terintegrasi Bank Mitra Unismuh Makassar yang dikenal dengan istilah SIMAK (Sistem Informasi Manajemen Akademik). Sistem ini dapat diakses secara online penuh sehingga Pemrograman Matakuliah atau Pengisian KRS tersebut dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Dan, sistem ini dapat pula menjadi media informasi bagi wali mahasiswa atau orang tua mahasiswa, sehingga wali mahasiswa atau orang tua mahasiswa tersebut dapat mengetahui dan mengontrol status keaktifan kuliah anaknya.

Setelah Pemrograman Matakuliah atau Pengisian KRS dilakukan, kegiatan selanjutnya adalah mengikuti perkuliahan. Kegiatan perkuliahan dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan dengan sistem pertemuan di kelas dan pertemuan melalui e-learning. Praktikum, Praktek Kerja Lapang (PKL), Pemantapan Profesi Keguruan (P2K), Kuliah Kerja Nyata (KKN), Penelitian, Penyusunan Tugas Akhir atau Skripsi, Ujian Skripsi, Yudisium, dan Wisuda adalah jenis-jenis kegiatan yang harus dilalui seorang mahasiswa hingga menjadi Alumni Universitas Muhammadiyah Makassar, dan proses pengambilan atau pemrograman kegiatan-kegiatan tersebut kesemuanya dilakukan melalui Sistem Berbasis IT SIMAK.

Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran baik dari sisi pelayanan materi maupun intensitas kehadiran dosen dan mahasiswa di kelas, maka di setiap ruang kelas telah dilengkapi dengan multimedia LCD, kamera CCTV, dan Pendingin Ruangan. Selain itu, fasiltas-fasilitas penunjang pembelajaran dan pengembangan bakat mahasiswa, seperti: Laboratorium Bahasa, Laboratorium Teknik, Laboratorium Komputer, Laboratorium MIPA, Laboratorium Micro Teaching, Laboratorium Kedokteran, Laboratorium Anatomi, Laboratorium Akuntansi, Hutan Pendidikan, Pertambakan dan Empang Pendidikan, Laboratorium Sekolah, Studio Gambar, Sarana Olahraga dan Kesenian, Apartemen Mahasiswa, Mall Studen, Perpustakaan, Area Free Hotspot Internet, Auditorium, Medical Center, KC. Bank Mitra telah direpresentatifkan.

Adapun sistem-sistem pelayanan yang terangkai dalam Aturan Akademik Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai berikut:

  1. Registrasi
  2. Sistem Kredit Semester
  3. Ketentuan Perkuliahan
  4. Beban dan Lama Studi
  5. Cuti Akademik
  6. Kartu Rencana Studi
  7. Kartu Hasil Studi
  8. Transkrip Nilai
  9. Evaluasi dan Ujian Semester
  10. KKP-P2K
  11. Tugas Akhir dan Ujian Akhir
  12. Pendaftaran dan Ujian Skripsi-Tesis
  13. Ketentuan Sanksi Akademik Mahasiswa
  14. Hak dan Kewajiban Mahasiswa Mahasiswa terhadap Penasehat Akademik dan Dosen Pembimbing